Kamis, 20 Oktober 2011

Migran



M
igrain adalah nyeri kepala berdenyut yang kerapkali disertai mual, muntah. Penderita biasanya sensitif terhadap cahaya, suara, bahkan bau-bauan. Sakit kepala ini paling sering hanya mengenai satu sisi kepala saja, kadang-kadang berpindah ke sisi sebelahnya, tetapi dapat mengenai kedua sisi kepala sekaligus.

Penyebab pasti migrain masih belum begitu jelas. Diperkirakan, adanya hiperaktiftas impuls listrik otak meningkatkan aliran darah di otak, akibatnya terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi. Pelebaran dan inflamasi ini menyebabkan timbulnya nyeri dan gejala yang lain, misalnya mual. Semakin berat inflamasi yang terjadi, semakin berat pula migrain yang diderita. Pada wanita, migrain sering terjadi karena perubahan hormonal saat menjelang menstruasi. Namun penelitian terbaru menemukan indikasi bahwa migrain bisa disebabkan karena ketidaknormalan di gen yang diwariskan. Gen ini yang mengontrol aktivitas otak tertentu.

Tidur yang cukup, makan teratur, mengatasi stres, Menghindari asap rokok, baik sebagai perokok aktif maupun pasif,  dan berolahraga merupakan cara untuk mencegah migrain. Seperti prinsip gaya hidup sehat  yaitu mencegah lebih baik dari pada menobati.

http://www.metrotvnews.com/read/news/2011/10/14/68111/Migrain-Ternyata-Penyakit-Turunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar