Jumat, 14 Oktober 2011

Sampah


Sampah, lagi-lagi sampah. Di pingir jalan sampah bertumpuk, di parit juga ada sampah yang menimbun dan lebih parah lagi di sungai-sungai sampah sudah menutupi jalannya air mengalir.

Mengapa bisa begitu? Jawabannya bisa bervariasi. Salah satunya adalah belum banyak orang yang menyadari betapa pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Sampai dengan saat ini orang masih dengan mudahnya membuang sampah sembarangan, padahal sudah disediakan tempat sampah. Pada hal banyak masalah yang bisa ditimbulkan akibat membuang sampah sembarangan. Diantaranya adalah banjir dan lingkungan yang tercemar. Jika hujan datang banjir akan segera merendam kota. Dan ini adalah masalah yang sering terjadi. Namun warga yang rumahnya sering terkena banjir seolah tidak khawatir lagi, mereka bilang “ banjir sudah biasa.”. Bagaimana bisa mereka bilang seperti itu? Bagaimana bila terjadi banjir besar, tempat tinggal, barang berharga, bahkan manusia sekali pun bisa hanyut terbawa banjir. Banjir memang suatu bencana alam, tapi jika banjir datang akibat ulah manusia apakah bisa dibilang bencana alam?

Lalu bagaimana dengan lingkungan. Jika di jalan-jalan sampah menjadi pemandangan sehari-hari. Bau busuk sampah tercium setiap hari. Lingkungan menjadi tidak sehat, manusia pun ikut tidah sehat bila lingkungannya tercemar.

 Itulah beberapa akibat membuang sampah sembarangan. Dan masih banyak akibat lainnya. Maka dari itu jangan lah membuang sampah sembarangan. Dan jangan rusak tempat sampah yang tersedia. Cintai lah lingkunagn bila ingin dicintai oleh lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar